Thursday 23 August 2012

Cara Backup - Restore Perangkat Android

Operasi sistem Android sangat banyak variasi aplikasinya. Android hampir bisa dipastikan bisa melakukan segala macam tujuan hanya dengan aplikasi Android yang bertebaran.

Bagaimana cara Backup dan Restore perangkat Android 

Google Play yang menyediak berbagai fasilitas aplikasi Android yang disebut dengan Android Market tersedia berbagai macam aplikasi, namun kebanyakan aplikasi tersebut hanya bisa mengembalikan dan menyimpan satu persatu. Ada juga aplikasi lainnya yang hebat namanya Titaium namun aplikasi ini tidak gratis anda harus merogoh kocek.
Jika anda ingin melakukan back up telepon Android , pesan singkat SMS terdapat aplikasi yang dapat membackup dan menyimpanya di komputer atau kartu memory. Cara penyimpananya sangat mudah hanya melalui akun Gmail secara gratis. Cara ini terbilang sangat aman dan bisa anda akses kapan saja serta kapasitas daya tampungnya juga sangat besar untuk data anda.
Saran untuk backup terbaik sebaiknya anda simpan hasilnya didalam komputer saja jangan di kartu memory sebab jika rusak memory card anda masih bisa mengambil data tersebut di dalam komputer. Apalagi penyimpanan bergerak seperti flasdisk dan kartu memory rentan rusak dan hilang.
Setelah anda berhasil melakukan backup di akun Gmail anda bisa juga melakukan pengembalian data secara cepat dan mudah hanya dengan satu langkah praktis saja.
Market Android telah menyediakan dua aplikasi yang hampir serupa dan hampir memiliki kesamaan fungsi. Aplikasi SMS Backup+ dan SMS Backup adalah aplikasi backup yang sangat direkomendasikan sebab akses rootnya dapat digunakan oleh siapapun juga.

Cara mudah backup dan restore ponsel Android 

Kedua aplikasi ini tidak berbayar untuk mengamankan pesan singkat, daftar panggilan telepon dapat tersimpang di Gmail (SMS), dan Google calendar.
Fitur aplikasi
  • Otomatis backup pesan singkat, list panggilan telepon ke alamat Gmail
  • Otomatis pengembalian data hasil back up ke perangkat telepon anda
  • Fasilitas Pilihan berapa banyak jumlah yang akan dibackup
  • Auto mark backup email
  • Merubah nama peyimpanan backup di label Gmail sesuai keinginan anda
  • Pilihan backup menggunakan sinyal Wi-Fi
Sayangnya aplikasi perangkat Android ini masih belum bisa pengembalian data MMS. Ketika pertama kali untuk konfigurasi sistem SMS Backup+ anda diharuskan memiliki akun Google, dan dijamin kerahasiaan username dan password anda. Jadi jangan khawatirkan hal itu. Untuk mengunduh kedua aplikasi tersebut silahkan kunjungi Android market atau klik link berikut:
• Unduh SMS Backup+ klik di sini atau langsung dari developernya klik sini 
• Unduh SMS backup klik disini atau langsung dari google klik sini
Tambahan sedikit untuk aplikasi backup ponsel Android, ada sebuah aplikasi kecil yang sangat ringan dan mudah digunakan. Aplikasi tersebut bernama APK Batch Installer. Aplikasi yang dikembangkan oleh XDA-Developer dapat membackup data apapun di ponsel anda termasuk data game.
APK Batch Installer 

Program portabel ini cukup didownload dan kemudian jalankan untuk memulai membackup atau merestore aplikasi dan game ponsel android kita sebelum diformat atau update ke ROM terbaru. Anda hanya menghubungkan perangkat ponsel android melalui kabel USB ke komputer, dan jika ponsel Android sudah di root, kita dapat menggunakan akses wifi dan cukup download dan install aplikasi kecil yang bernama adbWireless dari Google play, kemudian centang kotak “ADB Wireless Link” pada Jendela utamanya.
USB debug mode perlu diaktifkan pada perangkat android kita, program APK batch intaller ini sangat mudah untuk dan user interface yang familiar sekali bagi anda yang masih baru menggunakan perangkat Android.

Post a Comment